Rabu, 03 Mei 2023

Strategi Pemasaran

 

Pemasaran termasuk salah satu kegiatan dalam perekonomian dan membantu penciptaan nilai ekonomi. Nilai ekonomi akan menentukan harga barang dan jasa bagi individu-individu. Faktor-faktor yang dapat me nentukan nilai ekonomi adalah:

1. Produksi yang membuat barang

2. Pemasaran yang mendistri busikannya

3. Konsumsi yang menggunakan barang-barang tersebut.

Konsumsi dilaksanakan sesudah adanya kegiatan produksi dan pemasaran. Dengan demikian produksi dan pemasaran dapat membantu terlaksananya tujuan konsumsi. Pemasaran berada diantara produksi dan konsumsi. Hal ini berarti pemasaran menjadi penghubung diantara kedua faktor tersebut. Dalam abad modern masyarakat sulit mencapai tujuan konsumsi yang memuaskan tanpa kegiatan pemasaran.

Strategi Pemasaran

1.      Sistem komunikasi pemasaran

Komunikasi pemasaran merupakan pertukaran informasi dua arah antara pihak-pihak dan lembaga-lembaga yang terkait dalam pemasaran (dialog pemasaran). Komunikasi pemasaran dapat di definisikan sebagai kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual dan merupakan kegiatan yang membantu dalam pengambilan keputusan dibidang pemasaran serta mengarah kan pertukaran agar lebih memuaskan dengan cara menyadarkan semua pihak untuk berbuat lebih baik.

Proses komunikasi pemasar an meliputi mendengarkan, bereaksi, dan berbicara, membujuk dan negosiasi sampai terciptanya hubungan pertukaran yang memuaskan. Komunikasi pemasaran akan mempermudah/membantu pembeli dan penjual dalam hal:

a. Menciptakan hubungan pertukaran

b. Mempertahankan arus informasi yang memungkinkan terjadinya pertukaran

c. Menciptakan kesadaran serta memberitahu agar dapat dilakukan pertukaran secara lebih memuaskan.

d. Memperbaiki pengambilan keputusan dibidang pemasaran sehingga seluruh proses pertukaran menjadi lebih efektif dan efisien.

Menurut Harold Lasswell, komunikasi dapat dipahami, dengan menjawab pertanyaan sebagai berikut:

a. Siapa? (menunjukkan sumber)

b. Menyatakan apa (menun jukkan bertanya)

c. Dalam saluran yang mana (menunjukkan media yang diajarkan)

d. Kepada siapa (menunjukkan pihak yang menerima atau menjadi sasaran)

e. Dengan pengaruh apa? (menunjukkan pengaruh berbagai faktor terhadap hasil yang dicapai)

Dalam pemasaran, inisiatip komunikasi dapat berasal dari penjual maupun pembeli. Keduanya berusaha meng adakan pertukaran informasi untuk menciptakan hubungan yang saling memuaskan. Faktor-faktor yang mem pengaruhi penentuan kom binasi terbaik dari variabelvariabel promotional max antara lain:

a. Jumlah dana yang di gunakan untuk promosi Perusahaan yang memiliki dana yang relatif besar maka efektifitas kegiatan promosinya relatif lebih besar jika dibandingkan dengan perusahaan yang relatif terbatas pendanaan nya dari variabel-variabel yang ada, pada umumnya personal selling memerlu kan pendanaan yang relative lebih besar di bandingkan variable-variabel yang lain. Oleh karena itu pada umumnya perusahaan besar me nempuh alternative lain berupa periklanan pada surat kabar ataupun majalah guna menghemat biaya tersebut.

b. Sifat pasar Promotional mix di pengaruhi sifat-sifat pasar antara lain:

b.1. Luas pasar secara geografis

Perusahaan yang mempunyai pasar lokal cukup meng gunakan personal selling, tetapi bagi yang mempunyai pasar lebih luas lagi (misal nasional dan internasional) akan lebih efektif dan efisien menggunakan jasa periklanan.

b.2. Konsentrasi pasar Strategi promosi dapat dipengaruhi oleh konsentrasi pasar antara lain jumlah calon pembeli, pembeli potensial maupun konsentrasi secara nasional dan internasional. Misal perusahaan yang memusatkan penjualan produk terhadap kaum wanita dapat menggunakan media kewanitaan seperti majalah Femina, Kartini dan sebagainya dalam pelaksanaan periklanan.

b.3. Macam pembeli Strategi promosi da pat dipengaruhi oleh objek/sasaran pen jualan missal pembeli industri, konsumen rumah tangga mau pun perantara pedagang. Perantara pedagang mempunyai pengaruh yang menentukan dalam pelaksanaan promosi perusahaan.

2.      Promosi

Apabila komunikasi pemasaran merupakan pertukaran informasi dua arah antara pihak-pihak yang terlibat dalam pemasaran, sedangkan promosi dipandang sebagai arus informasi atau persuasi yang dibuat untuk meng arahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Promosi dapat dilakukan berupa usaha-usaha untuk menciptakan kesadaran pada konsumen tentang sebauah barang atau ide sampai akhirnya kedua belah pihak (penjual dan pembeli) ber sedia melakukan pertukaran. Promosi tidak hanya di lakukan oleh penjual saja, tetapi juga pembeli missal pembeli mencari barang ataupun juga melalui iklan dan sebaliknya. Proses tersebut dapat dilaku kan dengan melalui perantara komunikasi misalnya biro advertensi, dengan demikian pembeli, penjual dan perantara dapat terlibat dalam promosi.

3.      Promotional mix

Menurut J Stanton, promo tional mix adalah kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling dan alat-alat promosi yang lain yang semuanya direncanakan untuk mencapai program penjualan.

a.       Jenis produk

Jenis produk secara garis besar dapat dibedakan antar barang konsumsi dan barang industri. Promosi barang konsumsi yang didistribusikan secara luas sehingga diperlu kan demonstrasi dan penerangan. Sedangkan promosi ba rang industri digunakan personal selling karena pada umumnya mempunyai harga relatif tinggi.

b.      Tahap-tahap dalam siklus kehidupan barang

Siklus kehidupan barang terdiri dari beberapa tahap antar lain perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan, kejenuhan dan penurunan. Pada tahap perkenalan penjual harus mendorong peningkatan permintaan untuk satu macam produk terlebih dahulu dengan menekankan personal selling. Sedangkan pada tahap selanjutnya lebih menitik beratkan pada periklanan. Pada tahap penurunan, perusahaan harus menciptakan produk baru sesuai dengan selera konsumen.

Untuk meningkatkan daya tarik konsumen perusahaan juga dapat mengadakan kampanye promosi yaitu suatu rangkaian usaha promosi yang terkoordinir tentang suatu tema atau ide yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Perusahaan harus menentukan tujuan daya tarik yang diutamakan misal tentang keunggulan produk yang akan dipromosikan dibandingkan dengan produk sejenis merek lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudono Salim Pendiri BCA dan Salim Group

  Kisah sukses pendiri bank BCA Sudono Salim menjadi salah satu kisah yang inspiratif dalam membangun bisnis. Sudono Salim merupakan pendiri...