Pemasaran
termasuk salah satu kegiatan dalam perekonomian dan membantu penciptaan nilai
ekonomi. Nilai ekonomi akan menentukan harga barang dan jasa bagi
individu-individu. Faktor-faktor yang dapat me nentukan nilai ekonomi adalah:
1.
Produksi yang membuat barang
2.
Pemasaran yang mendistri busikannya
3.
Konsumsi yang menggunakan barang-barang tersebut.
Konsumsi
dilaksanakan sesudah adanya kegiatan produksi dan pemasaran. Dengan demikian
produksi dan pemasaran dapat membantu terlaksananya tujuan konsumsi. Pemasaran
berada diantara produksi dan konsumsi. Hal ini berarti pemasaran menjadi
penghubung diantara kedua faktor tersebut. Dalam abad modern masyarakat sulit
mencapai tujuan konsumsi yang memuaskan tanpa kegiatan pemasaran.
Strategi
Pemasaran
1.
Sistem komunikasi pemasaran
Komunikasi
pemasaran merupakan pertukaran informasi dua arah antara pihak-pihak dan
lembaga-lembaga yang terkait dalam pemasaran (dialog pemasaran). Komunikasi
pemasaran dapat di definisikan sebagai kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh
pembeli dan penjual dan merupakan kegiatan yang membantu dalam pengambilan
keputusan dibidang pemasaran serta mengarah kan pertukaran agar lebih memuaskan
dengan cara menyadarkan semua pihak untuk berbuat lebih baik.
Proses
komunikasi pemasar an meliputi mendengarkan, bereaksi, dan berbicara, membujuk
dan negosiasi sampai terciptanya hubungan pertukaran yang memuaskan. Komunikasi
pemasaran akan mempermudah/membantu pembeli dan penjual dalam hal:
a.
Menciptakan hubungan pertukaran
b.
Mempertahankan arus informasi yang memungkinkan terjadinya pertukaran
c.
Menciptakan kesadaran serta memberitahu agar dapat dilakukan pertukaran secara
lebih memuaskan.
d.
Memperbaiki pengambilan keputusan dibidang pemasaran sehingga seluruh proses
pertukaran menjadi lebih efektif dan efisien.
Menurut
Harold Lasswell, komunikasi dapat dipahami, dengan menjawab pertanyaan sebagai
berikut:
a.
Siapa? (menunjukkan sumber)
b.
Menyatakan apa (menun jukkan bertanya)
c.
Dalam saluran yang mana (menunjukkan media yang diajarkan)
d.
Kepada siapa (menunjukkan pihak yang menerima atau menjadi sasaran)
e.
Dengan pengaruh apa? (menunjukkan pengaruh berbagai faktor terhadap hasil yang
dicapai)
Dalam
pemasaran, inisiatip komunikasi dapat berasal dari penjual maupun pembeli.
Keduanya berusaha meng adakan pertukaran informasi untuk menciptakan hubungan
yang saling memuaskan. Faktor-faktor yang mem pengaruhi penentuan kom binasi
terbaik dari variabelvariabel promotional max antara lain:
a.
Jumlah dana yang di gunakan untuk promosi Perusahaan yang memiliki dana yang relatif
besar maka efektifitas kegiatan promosinya relatif lebih besar jika
dibandingkan dengan perusahaan yang relatif terbatas pendanaan nya dari
variabel-variabel yang ada, pada umumnya personal selling memerlu kan pendanaan
yang relative lebih besar di bandingkan variable-variabel yang lain. Oleh
karena itu pada umumnya perusahaan besar me nempuh alternative lain berupa
periklanan pada surat kabar ataupun majalah guna menghemat biaya tersebut.
b.
Sifat pasar Promotional mix di pengaruhi sifat-sifat pasar antara lain:
b.1.
Luas pasar secara geografis
Perusahaan
yang mempunyai pasar lokal cukup meng gunakan personal selling, tetapi bagi
yang mempunyai pasar lebih luas lagi (misal nasional dan internasional) akan
lebih efektif dan efisien menggunakan jasa periklanan.
b.2.
Konsentrasi pasar Strategi promosi dapat dipengaruhi oleh konsentrasi pasar
antara lain jumlah calon pembeli, pembeli potensial maupun konsentrasi secara
nasional dan internasional. Misal perusahaan yang memusatkan penjualan produk
terhadap kaum wanita dapat menggunakan media kewanitaan seperti majalah Femina,
Kartini dan sebagainya dalam pelaksanaan periklanan.
b.3.
Macam pembeli Strategi promosi da pat dipengaruhi oleh objek/sasaran pen jualan
missal pembeli industri, konsumen rumah tangga mau pun perantara pedagang.
Perantara pedagang mempunyai pengaruh yang menentukan dalam pelaksanaan promosi
perusahaan.
2.
Promosi
Apabila
komunikasi pemasaran merupakan pertukaran informasi dua arah antara pihak-pihak
yang terlibat dalam pemasaran, sedangkan promosi dipandang sebagai arus
informasi atau persuasi yang dibuat untuk meng arahkan seseorang atau
organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Promosi
dapat dilakukan berupa usaha-usaha untuk menciptakan kesadaran pada konsumen
tentang sebauah barang atau ide sampai akhirnya kedua belah pihak (penjual dan
pembeli) ber sedia melakukan pertukaran. Promosi tidak hanya di lakukan oleh
penjual saja, tetapi juga pembeli missal pembeli mencari barang ataupun juga
melalui iklan dan sebaliknya. Proses tersebut dapat dilaku kan dengan melalui
perantara komunikasi misalnya biro advertensi, dengan demikian pembeli, penjual
dan perantara dapat terlibat dalam promosi.
3.
Promotional mix
Menurut
J Stanton, promo tional mix adalah kombinasi strategi yang paling baik dari
variabel-variabel periklanan, personal selling dan alat-alat promosi yang lain
yang semuanya direncanakan untuk mencapai program penjualan.
a. Jenis
produk
Jenis produk secara garis besar dapat
dibedakan antar barang konsumsi dan barang industri. Promosi barang konsumsi
yang didistribusikan secara luas sehingga diperlu kan demonstrasi dan
penerangan. Sedangkan promosi ba rang industri digunakan personal selling
karena pada umumnya mempunyai harga relatif tinggi.
b. Tahap-tahap
dalam siklus kehidupan barang
Siklus kehidupan barang terdiri dari beberapa tahap antar lain perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan, kejenuhan dan penurunan. Pada tahap perkenalan penjual harus mendorong peningkatan permintaan untuk satu macam produk terlebih dahulu dengan menekankan personal selling. Sedangkan pada tahap selanjutnya lebih menitik beratkan pada periklanan. Pada tahap penurunan, perusahaan harus menciptakan produk baru sesuai dengan selera konsumen.
Untuk
meningkatkan daya tarik konsumen perusahaan juga dapat mengadakan kampanye
promosi yaitu suatu rangkaian usaha promosi yang terkoordinir tentang suatu
tema atau ide yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Perusahaan harus menentukan tujuan daya tarik yang diutamakan misal tentang
keunggulan produk yang akan dipromosikan dibandingkan dengan produk sejenis
merek lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar